Research Group
Talent Management Research and Innovation Program
N219-A
OR PPT - Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika dan Aeroakustika
Research Group Information
Research Organization
OR PPT
Research Center
Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika dan Aeroakustika
Research Cluster
Ilmu Antariksa
Research Group
N219-A
Research Group Decision Letter Number
Research Topic
Identifikasi Bising Aerodinamika Pada Flap Pesawat N219
Research Scope
Kebisingan merupakan salah satu bentuk pencemaran lingkungan khususnya pencemaran suara yang berimplikasi pada gangguan kenyamanan. Di lingkungan bandar udara, sumber bising yang dominan berasal dari pesawat terbang saat berada dalam fase terbang lepas landas (take off) dan pendaratan (landing). Kebisingan tersebut melibatkan kebisingan airframe dan propulsif. Komponen pesawat terbang yang menyebabkan kebisingan airframe (dapat juga disebut kebisingan aerodinamika) terdiri dari roda pendarat (landing gear) dan penambah gaya angkat (high lift devices). Dalam penelitian ini, kebisingan aerodinamika tersebut difokuskan pada kajian kebisingan high lift devices khususnya flap. Penelitian kebisingan aerodinamika yang disebabkan oleh flap dilakukan pada model sayap 2D. Metode yang digunakan adalah metode komputasi numerik dan eksperimen (PIV dan akustika kamera). Pemodelan numerik akan memberikan hasil prediksi terkait fenomena aerodinamika dan aeroakustika yang terjadi. Hasil komputasi tersebut akan divalidasi dengan metode eksperimen menggunakan particle image velocimetry (PIV) planar. Metode eksperimen akan dilakukan di terowongan angin ESWT (Educational Small Wind Tunnel dengan seksi uji: 50 cm x 50 cm x 120 cm). Analisis fenomena aeroakustika didasarkan pada data awal dari hasil pengukuran dengan metode PIV untuk mengidentifikasi sumber bising aerodinamika yang berkorelasi dengan far field. Prediksi dan analisis bising aerodinamika dilakukan dengan menggunakan analogi Lighthill, dan Curle. Selain itu, prediksi emisi bising juga dilakukan dengan tahapan evaluasi data PIV Planar, analisis bidang tekanan statik, serta integrasi analogi akustik Curle untuk mendapatkan tekanan far field. Fenomena aerodinamika yang berkorelasi dengan bising aerodinamika yang diharapkan teridentifikasi oleh PIV planar akan diverifikasi menggunakan acoustic camera.
Research Location
Partners / Stakeholders
Person In Charge
Drs. Subagyo, M.Eng.
Email PIC
subagyo@bppt.go.id, subagyo@brin.go.id