Kelompok Riset

Program Manajemen Talenta

N219-A

OR PPT - Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika dan Aeroakustika

Informasi Detail Kelompok Riset

Satuan Kerja Organisasi Riset
OR PPT

Satuan Kerja Pusat Riset
Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika dan Aeroakustika

Rumpun Riset
Ilmu Antariksa

Kelompok Riset
N219-A

Nomor SK Penetapan Kelompok Riset

Topik Riset
Identifikasi Bising Aerodinamika Pada Flap Pesawat N219

Lingkup Kegiatan Riset
Kebisingan merupakan salah satu bentuk pencemaran lingkungan khususnya pencemaran suara yang berimplikasi pada gangguan kenyamanan. Di lingkungan bandar udara, sumber bising yang dominan berasal dari pesawat terbang saat berada dalam fase terbang lepas landas (take off) dan pendaratan (landing). Kebisingan tersebut melibatkan kebisingan airframe dan propulsif. Komponen pesawat terbang yang menyebabkan kebisingan airframe (dapat juga disebut kebisingan aerodinamika) terdiri dari roda pendarat (landing gear) dan penambah gaya angkat (high lift devices). Dalam penelitian ini, kebisingan aerodinamika tersebut difokuskan pada kajian kebisingan high lift devices khususnya flap. Penelitian kebisingan aerodinamika yang disebabkan oleh flap dilakukan pada model sayap 2D. Metode yang digunakan adalah metode komputasi numerik dan eksperimen (PIV dan akustika kamera). Pemodelan numerik akan memberikan hasil prediksi terkait fenomena aerodinamika dan aeroakustika yang terjadi. Hasil komputasi tersebut akan divalidasi dengan metode eksperimen menggunakan particle image velocimetry (PIV) planar. Metode eksperimen akan dilakukan di terowongan angin ESWT (Educational Small Wind Tunnel dengan seksi uji: 50 cm x 50 cm x 120 cm). Analisis fenomena aeroakustika didasarkan pada data awal dari hasil pengukuran dengan metode PIV untuk mengidentifikasi sumber bising aerodinamika yang berkorelasi dengan far field. Prediksi dan analisis bising aerodinamika dilakukan dengan menggunakan analogi Lighthill, dan Curle. Selain itu, prediksi emisi bising juga dilakukan dengan tahapan evaluasi data PIV Planar, analisis bidang tekanan statik, serta integrasi analogi akustik Curle untuk mendapatkan tekanan far field. Fenomena aerodinamika yang berkorelasi dengan bising aerodinamika yang diharapkan teridentifikasi oleh PIV planar akan diverifikasi menggunakan acoustic camera.

Lokasi Riset

Mitra Kerjasama yang Sedang Dijalin

Nama Koordinator
Drs. Subagyo, M.Eng.

Email Koordinator
subagyo@bppt.go.id, subagyo@brin.go.id

Kembali